Minggu, 18 November 2012

(kisah nyata)KISAH PAK LE’



       Serrrrrr..serrrrr,serrrrr, hembusan angin sepoi menghampiri saya memberikan kesejukan dan lalu lalang kendaraan roda dua dan roda empat menemani saya saat nyantai di depan rumah saya pada sore sabtu yang tanggalnya saya lupa.Dengan segelas teh es dan gitar yang saya mainkan, hari itu terasa nikmat dan memberikan kesenangan tersendiri bagi saya. 
             Suana sore itu sangat menyenangkan,tp saat asyik bermain gitar tiba-tiba terdengar suara yang menyapa “mas nyantai tuch”..dengan segera saya memandang ke arah suara yang berasal dari Pak le’ tetangga baru saya yang berasal dari daerah jawa  dan membalas kembali sapaan itu “iye Pak le’.. nyantai ni tak ade yang nak dibuat hehe..”.sambil bercanda.
            Karena sapaan itu saya segera mengahampiri Pak le’ yang sedang membetulkan sepeda di bengkelnya . “ooo..Pak le’ ape kbr nich.?.”ucap saya” ,Baik mas..tapi tumben ada dirumah libur kah? Saut pak le’ kepada saya sambil memegang alat bengkelnya.”Iya Pak le’ kalau sabtu endak masuk kuliah soalnye endak ade jadwal pak le’ e,dan sekalian ngambil uang jajan pak le’.hehehe..sambil tertawa saya menjawab pertanyaan pak le’.Lalu saya duduk di bangku yang tersedia di bengkel pak le’.Setelah saya duduk saya mengamati pak le’ yang sedang membetulkan sepeda pelanggannya.Dengan telitinya pak le’ ,Sedikit demi sedikit membetulkan sepeda yang rusak tersebut.“.. ape e yang rusak nich pak le’? tanya saya pada pak le”.,engkolan e yang macet nich mas...kayaknye kendur..” jawab pak le’ kepada saya,sambil mengangkat-ngankat sepeda yang dibetulkannya.Dan selama saya duduk di bengkelnya tersebut,banyak orang –orang yang menyapa pak le’,” Dalam hati saya berkata “ wah ramah memang pak le’ nich padahal masih baru tinggal di sini sudah banyak yang kenal dan menyapa dengan ramah.Biase berape nich pak le’ bayarnye kalau betulkan sepeda macem ini..,tapi kenape buka bengelnye sore pakle’ pagi kenape tak buka? “Tanya saya ingin tahu” hmmm..seiklasnya aja mas dari yang punye sepeda,Pak le” endak netapkan harge,mau dia bayar berapapun pakle’ ambil.kecuali kalok alatnya pek le’ beli ya pakle jual sesuai harganya misalkan ban dalam,paling-paling ngambil upah masangnya aja ,pagi gak buka soalnya pak le’ kerja yang lain mas “dorong gerobak pakai sepeda”  beli barang-barang bekas dari rumah ke rumah.jawab pak le’.lagi-lagi saya berkata dalam hati,waduh baik benar pak le’ nich yech,dan mantap juga perjuangan pak le’ nich nyari uang tanpa lelah.sejenak saya termotipasi atas perjuangannya.dan dari kabar yang di ceritakan mama saya tentang Pak le’.Ternyata pak le’ datang di kalbar bersama istrinya dimana anaknya tidak ikut yang dititipkan dengan neneknya di Jawa.Mereke rela berpisah dengan anaknya demi memenuhi kebutuhan hidup mereka. Karena jika membawa anaknya mereka takut tidak mampu mememnuhi kebutuhan hidup mereka bertiga.
            Kenape tak buka bengkel jak pakle dari pagi.. kan endag repot-repot dorong gerobak pak le’.”.tanya saya kembali pada pak le” melanjutkan perbincangan. kalau masalah bengkel pak le’ buka sore jak, soalnya tak enak juga buka dari pagi , kan tetangga di ujung dekat rumah kita buka juga bengkel mas,soalnya kalau pak le buka bengkel biasanya orang-orang pada kesini,jadi bengkel sebelah sepi kan endak enak mas,,dia yang dulu buka disini..lagi pula rezeki gak lari kemana mas ..asal kita maok berusaha jak mas.pasti ada aja jalanya.lagi-lagi saya salut dengan ucapan pak le’.Di mana dia punya kemampuan yang cukup jika membuka bengkel dan pelanggan yang banyak mungkin sebab keramahannya dengan orang-orang sekitarnya.dan walau dia sangat membutuhkan uang tapi dia masih sempat memikirkan orang lain yang juga tergantung pada usaha bengkelnya tersebut,sungguh mulia hati pak le’ saya termenung sejenak sambil tergagum pada pak le’.hari pun mulai senja saya pun pamit pada “pak le’.maaf nich pakle ..tapi kayak e udah sore nich pakle, saye pulang dulu ya pak le’..lain kali kite ngander gik yech pak le’.sore pak le’.ucap saya”sambil tersenyum..: oh iya mas .jawab pak le’ sambil membereskan pekerjaannya.Setelah perbincangan itu saya bergegas pulang kerumah,dan dalam perjalanan menuju rumah  saya hati saya tersentuh dan terkesan dengan perjuangan pak le’ dalam mencari nafkah untuk keluarganya   walau hidupnya pas-pasan dia masih sempat memikikirkan orang lain dan tidak pernah mengeluh dan meyerah dalam menjalani hari-harinya.

2 komentar: